Pendapat Tentang Poster KKN Di Desa Penari

 

Disini saya akan membahas sedikit seputar film yang sedang viral dan film sangat dinanti sejak lama oleh para penikmat film di Indonesia. Tapi kali ini saya tidak akan membahas dalam tentang filmnya, melainkan akan membahas tentang poster yang diluncurkan film guna mempromosikan film yang akan segera tayang. Dan pilihan poster KKN Di Desa Penari yang akan saya sedikit bahas. Sebelum masuk kepembahasan poster sedikit saya akan menceritakan tentang background film ini, karena jujur saya salah satu orang yang mengikuti film ini sejak pertama kali muncul ceritanya di twitter pada tahun 2019.

 Ya benar, film ini salah satu yang dinantikan kemunculannya sejak pertama kali masyarakat mendengar bahwa cerita di twitter ini akan dijadikan sebuah film. Cerita yang diangkat dari kisahnya nyata ini ditulis sebagai thread disalah satu akun anonym yaitu @SimpleM8137852. Berlatar belakang kisah masa lalu disebuah desa yang menjadi rahasia hingga sekarang, dan banyak yang menebak dan menerka bahwa kisah ini terjadi di ujung timur pulau jawa. Karena disana masih cukup kental akan kisah mistis nya dan masih banyak hutan seperti yang diceritakan.

Berkisah tentang sebuah KKN (Kuliah Kerja Nyata) 6 orang mahasiswa yang terdiri dari 3 laki – laki dan 3 perempuan, disebuah desa yang jauh dari perkotaan dan letak sebuah desa tersebut berada ditengah hutan, tidak ada desa lain selain desa tersebut. Pada awal mula KKN tersebut semua berjalan lancar, tapi tidak dengan salah satu mahasiswa dia seolah menerima pesan penolakan atau peringatan bahwa jangan melakukan KKN didesa tersebut. Ternyata benar saja sampai berjalan beberapa hari kemudian banyak kejadian yang tidak diduga – duga. Karena ada yang saling jatuh cinta antara anggota kegiatan dan ini dimanfaatkan oleh makhluk halus yang berada disana untuk mendapatkan tumbal atau korban untuk dijadikan Dawuh, seorang penari akan terus menari menghibur. Terjadi juga tindakan hubungan intim yang dilakukan para pelaku tersebut. Karena itulah mereka berdua tidak bisa diselamatkan rohnya karena terikat disebuah alam lain, yang perempuan dihukum untuk menari selamanya dan yang pria dihukum untuk menjadi suami dari sosok yang dihormati yaitu Badarawuhi.

Ya itu tadi sedikit penggalan cerita dari film KKN Di Desa Penari, saya akan kembali pada pembahasan yang sejak awal akan saya bahas yaitu poster. Poster ini diciptakan oleh MD Pictures dan juga selaku ph yang memiliki hak cipta untuk memproduksi cerita tersebut menjadi sebuah film. Film bergenre horror ini sukses memikat penikmat film Indonesia. Dan poster yang diciptakan pun menarik perhatian saya selaku mahasiswa dibidang desain.

Pertama yang saya akan bahas poster ini didominasi dengan warna kelabu dan cenderung ke hitam – hitaman juga dikombinasi dengan warna merah ini cocok sekali. Perpaduan warna nya membuat sisi mistisnya menjadi lebih kental dan berasa sekali sangat pas lah dengan jalan cerita yang diangkat, tapi menurut saya hampir semua film yang bergenre horror pasti posternya cenderung dominan berwarna gelap atau hitam. Background nya seperti efek asap, menurut saya itu sebuah gambaran dari sebuah asap sesajen yang banyak bermunculan di dalam film itu, karena dalam film tersebut masih kental sekali adat istiadatnya. Tampak seperti ada wanita yang berada diatas sebuah akar – akar besar pohon sebagai tumpuan, tapi tidak terlihat kakinya malah menurut saya seperti menyatu antara satu sama lainnya. Dan depan akar itu ada sebuah sesajen yang sengaja ditaruh, karena pada filmnya pun ada sebuah sesajen yang memang ditaruh dibawah pohon. Dan antara pohon dan sesajen memiliki keterkaitan antara satu sama lainnya, saya pun tidak tahu alasan pastinya apa tapi yang jelas sesajen pasti ditaruhnya dibawah sebuah pohon besar yang sudah berumur lama.

Selanjutnya dalam poster tersebut yang menjadi poin interest nya adalah sebuah penari wanita yang menghadap membelakangi dan ditubuhnya dililit oleh ular besar, kerena itu adalah hewan kesesukaan nya atau juga bisa menjelma menjadi dirinya. Dalam posternya juga penari itu memakai baju pakaian tradisional adat jawa dan mengenakan layaknya penari yang menonjolkan tubuhnya yang bagus dan seksi. Tapi dengan foto membelakangi tersebut menjadikan posternya ini seperti sebuah misteri dan membuat kita menebak – nebak siapa dibalik foto penari yang berada diposter tersebut. Juga akan membuat kita menebak secantik apa sosok wanita penari tersebut yang bisa membuat laki – laki terhipnotis dengan parasnya.

Lalu pemilihan warna merah pada tulisan judulnya menurut saya adalah hal yang tepat karena membuat dia menjadi lebih horror lagi dan ditambah dengan pemilihan fontnya itu mendukung banget. Perpaduan warna dan fontnya ini menjadi sebuah kunci dalam poster ini menurut saya. Kenapa ? Karena menurut saya jika pada bagian ini perpaduan nya kurang cocok akan membuat kurang enak sih untuk dipandang, bahkan bisa membuatnya manjadi kurang menarik untuk ditonton. Poster KKN Di Desa Penari ini adalah karya yang menarik untuk dibahas, ya  karena itu tadi film nya sangat ditunggu membuat setiap aspeknya dituntut untuk menjadi sempurna. Dan menariknya lagi disini foto pada objeknya menujukan sisi gemulai seorang penari. Ular juga penting karena menjadi salah satu karakter yang secara langsung diangkat karena tokohnya ini bersekutu dengan bangsa ular jadi – jadian. Tapi mungkin beberapa ada hal yang harusnya ditambahkan menurut saya, foto pemain mungkin bisa jadi sebuah tambahan yang menarik diposter tersebut. Supaya masyarakat juga bisa tahu siapa saja yang bermain di dalam film tersebut itu. Itu hanya sekedar pendapat saya saja, mungkin desainer poster tersebut punya maksus lain tidak memunculkan foto pemain di dalamnya biar menjadi lebih misterius dan penonton nya jadi lebih penasaran ingin segera menonton film tersebut.

Menurut saya poster adalah bagian penting dari sebuah film, ibarat sayur yang kurang garam pasti rasanya kurang pas bahkan bisa cenderung hambar. Poster yang menarik bagi saya adalah poster yang setiap aspeknya saling melengkapi, mudah dipahami, dan jangan lupa unsur estetika yang berada didalamnya harus tetap dijaga.  Setiap film selalu mendesain poster nya dengan ciamik dan memiliki ciri khasnya masing – masing dan berbeda setiap genre filmnya untuk menarik penonton. Tentu saja kalau film horror tapi desain posternya lucu atau berbentuk kartun akan ga nyambung atau pun sebaliknya. Bahkan tak jarang banyak seorang desainer mengamati desain poster bahkan sampai mengoleksinya tujuan nya untuk mengamati untuk dijadikan sebuah inpirasi dalam mendesain. Mungkin dengan melihat desain poster tersebut bisa menambah ide kreatif, karena ide kreatif bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Sekian sedikit ulasan dari saya, bukan ulasan malah seperti cerita – cerita atau pendapat dari saya yang awan dalam sebuah desain – mendesain. Jika ada salah – salah dalam ejaan dan pengetikan mohon dimaafkan.

 

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lukisan Abstrak False Art buatan Jasper Johns

Objek Kajian Semiotika pada Musik Video For Revenge ft. Faizal Permana - Jentaka

Penanda dan Tinanda